Tempat Belanja Batik Terbaik di Yogyakarta

Batik telah ditetapkan UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi sejak 2 Oktober 2009. Ciri khas dari batik Yogyakarta ialah motif batik yang merupakan gambaran dari filosofi kehidupan, serta lebih banyak menggunakan warna putih, hitam dan coklat. Banyaknya peminat batik yang datang ke Yogyakarta, membuat para pengrajin dan pengusaha batik membuka toko dengan kualitas batik terbaik. Berikut ini, kami telah memilih lima tempat belanja batik terbaik di Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi.

Toko Mirota Batik/Hamzah Batik

Toko Mirota Batik atau yang juga dikenal dengan nama Hamzah Batik ini berlokasi tepat di seberang Pasar Beringharjo. Di tempat belanja ini, Anda tidak hanya menemukan kain atau baju batik saja, melainkan juga aneka souvenir khas Jogja seperti, blangkon, aneka kelom, dan lainnya. Hamzah Batik juga menyediakan batik yang sederhana dengan harga terjangkau hingga yang eksklusif. Semua yang dijual disini merupakan barang-barang yang bagus dan berkualitas tinggi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir, karena harga akan sepadan dengan barang yang Anda dapatkan. Selain kain atau jarik, terdapat pula aneka kebaya sebagai pelengkap Anda mengenakan kain batik sebagai bawahannya. Toko ini cukup luas yang mencakup 3 lantai, ketika Anda memasuki tempat ini, Anda akan mencium aroma bunga setaman dan dupa yang sedang dibakar. Konsep tersebut merupakan strategi untuk memberikan kesan budaya jawa yang sangat kental kepada setiap pengunjung.

Credit: Hamzah Batik

Batik Danar Hadi

Toko Batik Danar Hadi ini beralamat di Jalan Malioboro 25. Di toko Batik Danar Hadi ini menjual berbagai jenis batik, dari mulai batik tradisional hingga batik modern yang elegan dengan bahan dan desain yang berkualitas. Jenis pakaian yang tersedia meliputi baju batik formal dan kasual baik untuk pria, wanita maupun anak-anak. Selain menjual berbagai jenis pakaian dari bahan batik, Danar Hadi juga menawarkan berbagai souvenir dan kerajinan yang bermotif batik. Buka setiap hari mulai dari pukul 09.00 sampai 21.00.

Credit: Danar Hadi Batik

Toko Batik Winotosastro

Toko Batik Winotosastro berdiri sejak tahun 1940, dan hingga kini masih tetap mempertahankan batik tradisional yang menjadi ciri khasnya. Banyak motif kain batik yang disuguhkan, sehingga memberi Anda banyak pilihan. Kalau Anda mencari batik asli Jogja dengan motif tradisional yang filosofis, Batik Winotosastro adalah pilihan yang tepat. Sebagian besar batik yang dijual di sini berbentuk kain lembaran. Selain bisa membeli kain batik Jogja, toko batik satu ini juga menyediakan kelas membatik untuk para turis yang mau belajar bikin batik. Bagi Anda yang berminat, akan diajarkan membuat batik langsung dari para ahlinya. Batik Winotosastro memang merupakan toko batik sekaligus pabrik pembuatan model baju batik serta aksesoris batik, sehingga pengunjung yang datang bisa melihat langsung proses pembuatan kain batik dan bagaimana detail terkecil pun menjadi sangat penting. Buka setiap hari dari pukul 09.00-17.00 WIB. Batik Winotosastro menjadi pilihan tepat sebagai tempat berbelanja batik yang terbaik dan berkualitas.

Credit: Batik Winotosastro

Rianty Batik

Rianty Batik berlokasi di Jalan Malioboro No. 79, Sosromeduren, Yogyakarta. Di toko ini banyak menyediakan batik dengan style yang modis namun dengan harga yang sangat ekonomis. Mulai dari dress batik, kemeja, daster, blouse, sampai pernak-pernik batik semuanya ada di sini. Selain modelnya yang bisa dibilang trendy, motifnya juga sangat beragam, jadi cocok banget buat anak muda maupun dewasa. Rianty Batik terus berusaha melakukan ekspansi mereka ke negara-negara di dunia, bahkan telah memiliki outlet di Kanada, Australia dan beberapa negara lainnya. Tak salah, jika Rianty Batik menjadi pilihan terbaik Anda untuk tempat belanja batik di Yogyakarta.

Credit: Rianty Batik

Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo memiliki makna nama yang cukup mendalam, nama “Beringharjo” berarti wilayah yang semula pohon beringin (bering) diharapkan dapat memberikan kesejahteraan (harjo). Kini, para wisatawan memaknai pasar ini sebagai tempat belanja terlengkap dan telah menjadi tempat wisata di Jogja yang menyenangkan. Berbeda dengan keempat toko sebelumnya yang memiliki harga pas, di pasar Beringharjo Anda bisa melakukan proses tawar-menawar. Pilihan batik yang ditawarkan di pasar Beringharjo cukup lengkap, mulai dari batik kain, baju batik, kemeja batik, celana, daster, tas, dompet, sendal, bahkan bahan katun hingga sutra, dan lainnya semua tersedia di pasar ini. Untuk koleksi batik kain, Anda bisa jumpai di los pasar bagian barat sebelah utara. Sementara koleksi pakaian batik bisa Anda temukan hampir di seluruh pasar bagian barat.

Credit: detiknews.com

updated
  • 50% OFF2, 4 Nights Starting From:Rp 799,000per package | inclusive of taxes