Wisata Edukasi Mural Spot di Singapura

Jalan-jalan ke Singapura bukan hanya tentang berbelanja atau mengunjungi objek wisata populer yang harus mengeluarkan banyak uang. Tetapi tahukah Anda, ada beberapa tempat kece seperti Mural spot, yang bisa Anda kunjungi dan bahkan bukan hanya sekedar sebagai spot Instagenic saja, melainkan ada unsur edukasi di dalamnya. Setiap goresan yang terlukis di dinding-dinding itu memiliki nilai, makna bahkan filosofi yang kuat dari seorang seniman. Jika Anda ingin menikmati seni mural yang indah dan penuh unsur edukasi, dalam artikel ini kami telah menemukan lima spot mural terbaik yang wajib Anda kunjungi saat berada di Singapura. Dan berikut adalah ulasannya.

Haji Lane

Terletak di kawasan Kampong Glam, Haji Lane sebenarnya adalah sebuah gang kecil yang dahulunya hunian waraga Melayu yang kurang mampu dan juga sebagai tempat singgah bagi mereka yang hendak menunaikan ibadah haji. Tapi kini, Haji Lane telah berubah menjadi ikon wisata Singapura yang spektakuler dengan hiasan mural, graffiti, street art, 3D art dan seni human interest. Tak heran, jika tempat ini kian populer dan diminati oleh wisatawan dari berbagai negara. Jelas, ketika Anda mengunjungi tempat ini, bukan hanya mendapatkan foto yang bagus, tetapi ada unsur edukasi yang bisa Anda petik. Selain itu, di Haji Lane juga Anda akan menemukan banyak restoran atau kafe yang bersertifikat halal. Jadi, kami sarankan agar Anda bisa datang ke tempat ini di pagi hari, karena di waktu tersebut belum banyak pelancong yang datang, dan Anda bisa explore apapun yang ada di Haji Lane.

Credit: @travelinoureyes

Gillman Barrack

Gillman Barracks kini telah berubah menjadi sebuah kawasan ataupun rumah bagi beberapa seni mural dan kontemporer terbaik di seluruh dunia yang dahulunya hanyalah sebuah camp militer Inggris. Terletak di tengah-tengah tanaman hijau dan subur, Gillman Barracks mengaitkan perkembangan seni visual di Singapura, Asia Tenggara dan sekitarnya. Saat ini, Gillman Barracks diisi oleh 10 galeri internasional, pusat seni kontemporer NTU Singapura, 2 organisasi seni nirlaba, pusat untuk kreativitas anak-anak dan penjangkauan seni Playeum, serta ada 6 outlet F&B. Galeri-galeri ini menampilkan pameran yang beragam dan selalu berubah dari para seniman yang diakui secara internasional. Seniman-seniman itu termasuk seniman papan atas seperti Alfredo dan Isabel Aquilizan, Heman Chong, Yayoi Kusama, Yoshitomo Nara, dan Sebastião Salgado. Gillman Barrrack bukan hanya sebagai objek wisata seni biasa, tetapi ada pengetahuan yang akan Anda dapatkan dalam seni kontemporer melalui residensi seniman Internasional. Jadi, pastikan Anda mengunjungi tempat ini sebagai destinasi wajib ketika berada di Singapura.

Credit: Gilman Barracks Website

Tunnel Art

Spot mural lainnya yang bisa Anda sambangi ketika liburan ke Singapura adalah Tunnel Art, yang berada tepat di samping Singapore River di Clark Quay. Di sana Anda akan menemukan sebuah terowongan yang dindingnya dipenuhi oleh seni mural penuh warna dan makna. Seni mural yang ada di Tunnel Art ini bukanlah tidak memiliki arti, tetapi coretan-coretan seni ini merupakan kreasi dari SG Cares dengan perusahaan seni sosial non-profit bernama Social Creatives, yang di dalamnya menceritakan sejarah berdirinya Singapura.

Credit: SG Magazine

Little India

Terletak di sebelah timur Singapore River, Little India hadir dengan dinding yang dihiasi seni mural penuh warna-warna cerah dan syarat akan budaya India. Sebagai contoh, seni mural karya Eunice Lim yang menggambarkan sebuah Kerbau yang salah satunya sedang naik sepeda dengan pewarnaan cerah dan pola tradisional India. Seni mural tersebut memiliki makna yang cukup kental tentang pentingnya berternak Kerbau dalam agama Hindu. Anda bisa menjumpai karya tersebut di samping stasiun Little India (ambil Exit E) di Kerbau Road. Selain itu, tempat ini juga dikelilingi oleh banyak situs keagamaan, seperti kuil-kuil Hindu dan Budha, serta sebuah masjid yang berasal dari abad ke-19.

Credit: @travelthelife

Tiong Bahru

Dekat dengan Pasar Tiong Bahru, terdapat tiga mural fenomenal penuh dengan nilai sejarah yang indah. Ketiga mural tersebut menggambarkan adegan yang merupakan bagian dari sejarah Tiong Bahru. Anda akan dapat melihat bagaimana kehidupan di Tiong Bahru di masa lalu seperti, bagaimana masyarakat berjualan, berinteraksi dan melayani pembeli. Ada yang menarik dan juga menakjubkan dari lukisan mural ini adalah tingkat detail yang dilukis dengan rumit. Anda bisa melihat seolah-olah kamera digunakan untuk menangkap. Karya mural ini dibuat oleh muralis lokal, Yip Yew Chong.

Credit: The Honey Combers Website

updated