Sehari Menjelajahi Sun Moon Lake Taiwan. Daftar Spot yang Wajib Anda Kunjungi

Sun Moon Lake adalah sebuah danau terbesar di Taiwan yang memiliki pemandangan menakjubkan. Terletak di pegunungan Nantou di pusat geografis pulau Taiwan, danau Sun Moon banyak menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang berkunjung menjelajahi danau ini. Ada banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan di Sun Moon, salah satunya mungkin Anda bisa mengunjungi Wen Wu Temple atau Holy Monk Shrine dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya, kami telah menyusun daftar spot yang wajib Anda kunjungi hingga panduan pergi ke Sun Moon Lake.

Panduan Menjelajahi Sun Moon Lake

Transportasi dan Akomodasi

Banyak pelancong memulai perjalanan menuju Sun Moon Lake dari Taipe. Nah, dari Taipe Anda cukup naik bullet train (HSR) atau Taichung HSR. Sebelum memulai perjalanan ke Sun Moon Lake, Anda bisa beristirahat dulu di salah satu hotel luxury Les Suites. Les Suites Hotel ini merupakan salah satu hotel bintang lima yang terletak di pusat industri keuangan, perbelanjaan dan hiburan Taipei yang juga berdekatan dengan MRT Taipei. Jadi, Anda akan mudah untuk bisa menjelajahi Taipe lebih dalam. Tiba di stasiun HSR, Anda bisa turun menggunakan eskalator ke ground level (satu level di bawah ticket gate), di situ terdapat counter bus menuju Sun Moon Lake, Anda bisa langsung membeli tiketnya, kemudian tunggu busnya kurang lebih 25 menit. Perjalanan menuju Sun Moon Lake membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam.

Spot yang Wajib Anda Kunjungi di Sun Moon Lake

Sun Moon Lake (Boat Tour, Wen Wu Temple, Ita Thao, Holy Monk Shrine)

Ada banyak cara untuk menikamati keindahan alam danau Soon Moon, salah satunya Anda bisa mengikuti paket boat tour danau yang tersedia di sana. Dengan boat tour Anda akan melihat langsung air danau sebiru langit ditambah dengan pemandangan berlatarkan perbukitan. Setelah cukup puas menyusuri Sun Moon Lake, Anda bisa belajar tentang budaya Taiwan di Wen Wu Temple. Sebuah kuil Konfusius yang dibangun dengan arsitektur megah yang memiliki 3 level. Level pertama disebut dengan The Water and Clouds Hall, diperuntukkan untuk dewa-dewa ilmu pengetahuan. Level kedua disebut The Martial Sage War, yang didedikasikan untuk Guan Gong, dewa perang. Level terakhir, Da Cheng, khusus ditujukan untuk Konfusius. Lanjutkan penjelajahan Anda ke Dermaga Ita Thao di seberang danau. Ita Thao adalah desa wisata utama lainnya di Danau Sun Moon yang terletak di pantai tenggara "matahari". Desa asli yang sebenarnya asal mula orang-orang Thao dan terus menyampaikan sejarah suku asli ini di Taiwan. Itha Thao memungkinkan Anda untuk bergabung dengan pengalaman budaya asli yang dikombinasikan dengan barang-barang asli suku Thao dan makanan lezat khas yang dimilikinya. Tak sampai di situ, Anda juga bisa mengunjungi Holy Monk Shrine, merupakan sebuah Kuil yang dibangun untuk biksu terkenal Tang Xuanzang yang memberikan kontribusi besar bagi budaya Cina dan penyebaran agama Buddha di Cina.

Credit: Klook

Credit: Klook

Sun Moon Lake Antique Assam Tea Farm

Sun Moon Lake Antique Assam Tea Farm adalah pabrik teh hitam yang sudah tua, bahkan telah menjadi warisan. Di tempat ini Anda bisa melihat bagian lama sebuah pabrik yang memproduksi teh cukup besar, di dalamnya ada toko untuk mencoba dan membeli teh. Teh masih di tanam di lokasi ini, hanya saja proses penggilingannya dilakukan di tempat lain, karena sebagian besar mesin tidak lagi digunakan. Rasa teh hitam di sini memiliki cita rasa yang khas dari daerah Sun Moon Lake. Dengan warna merah tua, murni, dan halus membuat teh ini berbeda, dan patut untuk Anda nikmati.

Credit: Trip Advisor

Sun Moon Lake Ropeway

Dibangun pada tahun 2001, The Sun Moon Lake Ropeway adalah layanan kereta gantung gondola yang menghubungkan Danau Sun Moon dengan taman hiburan Formosa Aboriginal Culture Village yang indah. Anda bisa dengan mudah menjelajahi Sun Moon Lake dengan menaiki kereta gantung ini. Kereta gantung gondola ini diciptakan oleh perusahaan Austria terkenal di dunia yaitu, Doppelmayr yang memanfaatkan tenaga surya dan hidro-listrik. Dicat dengan warna merah, kuning, dan biru, kereta gantung gondola ini melambangkan matahari merah, bulan kuning, dan danau biru, serta budaya Aborigin merah untuk kebahagiaan, kuning untuk gaya hidup sehat (LOHAS), dan biru untuk ekologi. Anda disarankan untuk membeli tiket taman hiburan Formosa Aborigin dan menikmati taman itu karena bagaimanapun kereta gantung tersebut bepergian ke wisata alam ini.

Credit: Trip Advisor

Thao Tribe Performance Center

Tempat terbaik untuk merasakan budaya Thao adalah di Thao Tribe Performance Center. Pertunjukan di sini adalah nyata adanya, berbeda dengan beberapa pertunjukan yang diadakan di hotel-hotel besar, di dermaga Shuishe, atau pusat wisata lainnya di Taiwan, yang sering kali memiliki nuansa palsu. Di tempat ini Anda dapat menonton pertunjukan musik yang juga menampilkan lagu dan tarian dari suku Bunun, merupakan suku lain yang hidup di wilayah Danau Sun Moon yang lebih besar.

Credit: nickkembel.com

updated