Panduan Berlibur di Pulau Macan

Pulau Macan atau Tiger Island yang juga masuk dalam kawasan wisata Jakarta. Berkonsep Eco Resort Villages, Pulau Macan menawarkan lingkungan berkonservasi alam yang nyaman dan unik, sangat cocok untuk menghabiskan waktu weekend Anda yang santai tanpa perlu jauh-jauh meninggalkan Ibu Kota. Cukup dengan menaiki speedboat dari Marina Ancol Anda akan tiba di Pulau Macan. Nah, dalam artikel ini kami telah menyusun panduan berlibur di Pulau Macan, dari mulai akomodasi hingga aktivitas apa saja yang dapat Anda lakukan. Baca terus untuk mengetahuinya.

Transportasi yang Digunakan

Jika Anda datang dari Jakarta, transportasi yang digunakan untuk sampai ke Pulau Macan cukup dengan menumpangi speedboat yang ada di Marina Ancol. Waktu tempuh yang harus Anda lalui sekitar 90 menit dari dermaga Marina yang pada saat weekend speedboat berangkat jam 8 pagi. Jadi, pastikan untuk hadir lebih awal dari jadwal keberngkatan kapal cepat tersebut.

Credit: pulauseributravelling.com

Tempat Penginapan Bergaya Eco Village

Mengacu dengan konsep yang telah dihadirkan di Pulau Macan, tempat penginapan di sini pun bergaya Eco Village, dengan menawarkan beberapa type cottage yang unik dan menarik untuk Anda pilih, diantaranya:

Type Eco Wood

Di type Eco Wood ini, Anda akan disugguhkan dengan tampilan desain interior bernuansa serba kayu yang alami. Yang akan membuat Anda betah dan nyaman selama menginap di Pulau Macan.

Type Sunset Hunt

Jika Anda seorang penikmat sunset, type cottage yang satu ini sangat cocok untuk Anda. Dalam type Sunset Hunt ini Anda akan melihat dan menikmati pemandangan sunset yang begitu menawan langsung dari kamar Anda. Buka tirai kamar Anda dan nikmatilah.

Type Drift Woord

Untuk type cottage Drift Woord, Anda akan menikmati suasana laut yang khas dari Pulau Macan. Dengan balutan dekorasi yang cenderung bernuansa pedesaan, membuat suasana menjadi lebih nyaman dan alami.

Type Red Brick

Type Red Brick ini menawarkan Anda sebuah penginapan yang memiliki ciri khas pedesaan yang alami, dengan didominasi warna dengan warna merah bata yang menambah kesan natural.

Type Tent

Cottage type ini memiliki ciri khas berbeda dari yang lainnya, karena dalam type Tent ini Anda seakan menginap di sebuah tenda. Karena tema yang diusung dalam type cottage ini menghadirkan suasana kamping yang akan membuat liburan Anda semakin berkesan.

Credit: govakansi.com

Aktivitas Olahraga Air yang Ada di Pulau Macan

Ada banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan selama berlibur di Pulau Macan, selain bersantai menikmati keindahan pulau, Anda juga bisa menikmati aktivitas olahraga air seperti;

Snorkeling

Tak hanya memiliki pemandangan sunset yang memesona, Pulau Macan juga memiliki pemandangan laut yang begitu memanjakan mata. Anda bisa menikmatinya dengan mengikuti aktivitas snorkeling di Pulau ini. Jangan khawatir tidak mempunyai perlengkapan snorkeling, karena di sini sudah tersedia secara gratis. Jadi, Anda bisa dengan puas menikmati keindahan laut yang begitu jernih dengan terumbu karang yang tumbuh sehat, serta beragam binatang laut yang menarik perhatian Anda.

Kayak

Jika Anda tidak tertarik dengan aktivitas snorkeling, Anda bisa memilih berkayak. Dengan berkayak, Anda bisa menyusuri Pulau Macan hingga ke Pulau Macan Gundul yang berada tepat di sebrang Pulau ini.

Coral Planting

Di Pulau Macan ini, Anda bisa ikut serta berperan dalam melestarikan kehidupan laut yang terkadang ikut menjadi sasaran ketidakpedulian. Sesuai dengan konsep Pulau Macan yang Eco Resort, di sini Anda bisa melakukan kegiatan coral planting, yang sangat bermanfaat untuk kelangsungan kehidupan di dasar laut. Aktivitas ini bertujuan untuk membentuk koral-koral baru yang nantinya akan menggantikan koral lama atau bahkan yang telah rusak.

Credit: Ksenia Zakharova Unsplash

updated