10 Objek Wisata yang Harus Anda Lihat Saat di Ho Chi Minh (Saigon)

Ho Chi Minh atau yang lebih dikenal dengan nama Saigon ini merupakan kota terbesar di Vietnam, yang memiliki banyak tempat wisata menarik dengan segala keindahan dan fasilitas yang ada di dalamnya. Nah, berikut ini kami memiliki daftar 10 objek wisata di Ho Chi Minh yang haru Anda lihat.

Objek Wisata di Ho Chi Minh (Saigon)

Notre Dame Cathedral

Dibangun oleh penjajah asal Prancis di tahun 1877 dan 1883, Notre Dame Cathedral adalah sebuah gereja yang dirancang dengan gaya neo-Romawi. Bangunan yang menjulang setinggi 40 meter ini dihiasi dengan menara besi yang mengesankan, yang terbuat dari bahan-bahan ekslusif diimpor langsung dari Prancis. Notre Dame Cathedral hadir di pusat kota dan menjadi salah satu objek wisata paling populer untuk dilihat di Kota Ho Chi Minh.

Credit: vietnam-guide.com

Bến Thành Market

Bagi Anda yang memiliki hobi berbelanja dan makan, mungkin Ben Tahnh Market adalah pilihan yang tepat untuk Anda kunjungi. Terletak di pusat kota Ho Chi Minh, Anda akan menemukan berbagai pedagang kaki lima yang menjual kerajinan tangan lokal, barang-barang bermerek, seni Vietnam, dan suvenir lainnya yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh. Di sini, Anda akan menemukan warung makan di dalam pasar di mana Anda bisa mencicipi masakan Vietnam atau sekadar bersantai dengan minuman dingin, sambil menikmati pemandangan sisi jalan yang ramai. Selain itu, di pasar ini juga Anda dapat berbelanja barang-barang lainnya, seperti tekstil dan keramik lokal.

Credit: vietnam-guide.com

EON Heli Bar at Bitexco Financial Tower

Terletak di lantai 52 Bitexco Financial Tower, Eon Heli Bar merupakan sebuah bar tertinggi yang ada di kota Saigon. Di sini, Anda dapat menikmati makanan dan minuman sambil menatap ke arah luar yang memiliki pemandangan spektakuler. Di dekorasi sangat apik dan canggih, Eon Heli Bar adalah salah satu tempat kehidupan malam paling menyenangkan di Ho Chi Minh. Di malam hari, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan 360 derajat kota Saigon dengan cahaya lampu-lampu kota yang berkelap-kelip.

Credit: vietnam-guide.com

Cu Chi Tunnels

Di Cu Chi Tunnels Anda akan diajak untuk melihat bagaimana kehidupan bawah tanah tentara Vietnam pada tahun 1948. Chu Chi Tunnels merupakan bagian dari museum perang besar-besaran di Ho Chi Minh yang memiliki lebih dari 120 km terowongan bawah tanah, dengan pintu jebakan, ruang tamu, dapur, fasilitas penyimpanan, gudang senjata, rumah sakit, dan pusat komando. Kini, tempat yang menyeramkan itu telah berubah menjadi salah satu objek wisata paling ikonik di Ho Chi Minh. Anda dapat menikmati banyak kegiatan selama kunjungan Anda, seperti halnya mengikuti rute sempit dari terowongan bawah tanah. Dan sebelum memasuki terowongan bawah tanah, Anda akan ditawarkan untuk menonton film pendek dari kisah Terowongan Chu Chi, sehingga Anda dapat memahami cara kerja sistem terowongan ini.

Credit: topvietnamtravel.com

War Remnants Museum

War Remnants Museum pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1975, di museum ini Anda akan melihat Foto-foto grafik dan peralatan militer Amerika dipajang. Ada helikopter dengan peluncur roket, tank, dan pesawat tempur, serta Anda juga dapat melihat bom konvensional yang beratnya 6.800kg. Mengunjungi tempat ini bisa menjadi salah pengalaman berharga dan mengesankan untuk Anda.

Credit: ansaigonfoodtours.com

Ho Chi Minh Central Post Office

Terletak tepat di sebelah Notre Dame Cathedral, Ho Chi Minh Central Post Office merupakan sebuah bangunan sisa masa penjajahan Prancis yang terpelihara dengan indah dan mungkin sebagai kantor pos termegah di seluruh Asia Tenggara. Dibangun antara tahun 1886 dan 1891, kantor pos ini memiliki nilai sejarah yang tinggi dengan desain interior lantai marmer yang dirancang dengan rumit dan kotak telepon kuno, semuanya berfungsi sebagai pengingat akan pentingnya kantor pos sebelum adanya email dan ponsel. Selain itu, di kantor pos ini juga menjajakan cinderamata, kartu pos, dan pernis yang di jual dengan harga yang cukup mahal dibandingkan di tempat lain.

Credit: arrivalguides.com

Cao Dai Temple

Cao Dai Temple adalah sebuah Kuil yang memiliki kemiripan desain dengan Katedral Kristen yang menampilkan lorong samping dan altar, serta nave pusat yang panjang, semua diposisikan seperti yang ada di Gereja Kristen, bahkan ada sebuah kubah tinggi yang dihiasi dengan awan dan santo. Titik fokus utama adalah Mata Ilahi yang melambangkan Tuhan yang memiliki ikon Ying dan Yang di muridnya. Upacara berlangsung setiap hari dengan dua layanan yang disertai oleh musisi dan paduan suara bernyanyi dalam bahasa Inggris untuk musik tradisional Vietnam. Menyaksikan orang-orang Caodiast berdoa adalah salah satu hal yang menarik ketika Anda mengunjungi tempat ini.

Credit: asianwaytravel.com

Reunification Palace

Reunification Palace adalah sebuah Istana dan tempat kerja Gubernur Prancis Cochin-Cina yang memiliki nilai sejarah sangat tinggi, di mana dahulunya tempat ini merupakan sebuah pangkalan Jenderal Vietnam Ngo Dinh Diem. Dan kini, tempat bersejarah itu telah menjadi objek wisata yang harus dikunjungi wisatawan saat berada di Kota Ho Chi Minh. Anda dapat melihat dua tank asli yang digunakan untuk menangkap musuh yang diparkir di halaman taman yang rimbun,yang dilengkapi juga dengan ruang rahasia, perabotan antik, dan bunker perintah. Isatana ini juga masih digunakan untuk menjadi tuan rumah acara-acara penting di Ho Chi Minh, termasuk KTT APEC.

Credit: itourvn.com

Suối Tiên Theme Park

Suoi Tien Theme Park adalah sebuah taman hiburan budaya yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga ketika Anda berlibur di Kota Ho Chi Minh. Di sini, Anda dapat menaiki perahu yang berbentuk seperti kura-kura dan anjing, serta seluncuran air yang muncul dari mulut atau janggut orang Buddha raksasa. Selain itu, ada juga sebuah peternakan besar yang menampung lebih dari 1.000 buaya, di mana pengunjung diizinkan memberi makan menggunakan daging mentah yang melekat pada tiang pancing. Atau, pengunjung yang lebih tua dapat mencoba atraksi bawah tanah yang disebut Istana Unicorn.

Credit: awol.junkee.com

Hồ Chí Minh City Museum

Terletak di dekat Istana Reunifikai, Ho Chi Minh City Museum adalah situs bersejarah yang ada di kota Ho Chi Minh yang dahulunya merupakan tempat tinggal para perwira kolonial Prancis tingkat tinggi. Museum ini memiliki bangunan yang sangat indah dan mengesankan, serta menceritakan kisah kota melalui artefak arkeologi, keramik, peta kota tua dan pajangan pada tradisi pernikahan dari berbagai etnisnya. Anda bisa menyelami sejarah kota Ho Chi Minh dengan sangat dalam ketika Anda berkunjung ke museum ini.

Credit: en.dulichbui.org

updated