Tempat Diving di Indonesia – 7 Kawasan Dunia Bawah Laut Kelas Dunia

Indonesia dengan predikatnya sebagai negara maritim, memiliki cakupan laut terluas di dunia. Tak heran, jika negara tercinta ini dikelilingi oleh lautan, pantai dan pulau yang begitu luar biasa indahnya. Bukan hanya cantik dari tampilan luarnya saja, laut-laut yang tersebar dari Sabang sampai Marauke ini juga memiliki pemandangan bawah laut yang tak kalah menawan. Bahkan kawasan dunia bawah laut di Indonesia ini telah diakui oleh dunia, karena memiliki lokasi diving atau tempat menyelam yang amat eksotis. Dan berikut ini, kami telah memilih tujuh lokasi diving di Indonesia yang berkelas dunia dan wajib untuk Anda jelajahi.

Tempat Diving Terbaik di Indonesia

Inilah tujuh tempat diving di Indonesia yang memiliki kawasan dunia bawah laut bertaraf Internasional yang wajib untuk Anda selami.

Fukui Point, Taman Laut Bunaken – Manado

Keindahan bawah laut yang ada di Taman Laut Bunaken memang sudah tak diragukan lagi, dan bahkan telah menjadi situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2005. Terdiri dari 20 spot berkelas dunia, dan salah satunya ialah Fukui Point. Fukui Point ini, memiliki keunikan pemandangan bawah laut tersendiri yang tidak seperti kebanyakan lokasi menyelam lainnya di Bunaken. Di Fukui Point, Anda tidak akan menemukan dinding karang, tetapi Anda akan disuguhkan dengan view lereng dengan turunan yang rendah ataupun curam, dan saat Anda menyelam di kedalaman 15 meter Anda akan menjumpai lima kerang raksasa (Giat Clams). Selain itu, Anda juga akan mendapati white spotted moray eels, sailin tangs, red-tooth tiger fish, napoleon wrasse, atau garden eels yang begitu eksotis.

Credit: wisatawan.net

Magic Mountain, Raja Ampat – Papua Barat

Terletak di ujung selatan Raja Ampat di wilayah Misool, Magic Mountain atau yang disebut juga Shadow Reef ini merupakan tempat favorit para Diver dari seluruh dunia. Memiliki pesona bawah laut yang begitu menarik dengan kehadiran Ikan Pari Manta yang fenomenal, serta dipenuhi juga oleh berbagai hewan laut, terumbu karang, dan koral yang tumbuh dengan baik. Menciptakan Magic Mountain sebagai tempat diving dengan keindahan alam bawah laut yang sangat luar biasa dan patut untuk Anda selami.

Credit: sunrise-divers.com

Pulau Kanawa, Labuan Bajo – NTT

Memiliki air yang sangat jernih sebening kristal, menjadikan Pulau Kanawa sebagai salah satu tempat diving terbaik yang ada di Indonesia. Saking jernihnya air laut yang ada di Pulau seluas 35 hektar ini, Anda akan melihat pemandangan bawah laut layaknya sebuah akuarium besar yang dipenuhi oleh terumbu karang yang tumbuh dengan sempurna, ikan-ikan hias cantik, dan juga penyu-penyu yang lucu.

Credit: liburankomodo.com

Manta Dive, Gili Trawangan – Lombok

Manta dive yang terletak di sebelah selatan Gili Trawangan ini, menawarkan Anda sebuah pemandangan bawah laut yang begitu memanjakan mata. Anda akan menemukan penyu hijau, penyu sisik, hiu karang sirip putih dan hitam, ikan singa, ikan kalajengking, gurita dan cumi-cumi, serta ada juga sekumpulan ikan parrots dan ikan jack yang menari-nari di hadapan Anda. Pemandangan lain yang bisa Anda lihat ialah ikan pari manta, dan beragam karang keras serta lunak yang melindungi ikan. Arus di sini juga sangat lembut sehingga sangat bagus untuk Diver pemula.

Credit: gilibookings.com

Pulau Hoga, Wakatobi – Sulawesi Tenggara

Pulau Hoga yang berada di Wakatobi ini memiliki spot diving yang menakjubkan dengan 750 spesies koral dari 850 yang ada di dunia. Selain menawarkan karang dengan segala bentuk keunikannya, Anda juga akan menjumpai berbagai jenis ikan bahkan kuda laut yang berukuran kecil, setidaknya terdapat sekitar 83 jenis ikan berwarna-warni yang akan Anda jumpai di pulau Hoga ini. Waktu yang tepat untuk menyelami Pulau Hoga adalah sekitar bulan April hingga Juni atau di bulan Oktober hingga Desember setiap tahunnya. Karena di bulan-bulan tersebut arus air laut cukup tenang, sehingga Anda akan nyaman menikmati pemandangan bawah laut di pulau ini.

Credit: idntimes.com

Pulau Maratua, Kepulauan Derawan – Kalimantan Timur

Pulau Maratua memiliki 21 spot diving yang begitu menawan dan dua diantaranya telah menjadi favorit bagi banyak penyelam, baik itu Diver Internasional maupun domestik. Spot pertama ialah Mid Reef spot yang menawarkan pemandangan bawah laut menakjubkan dan seringkali di jumpai treasure shark, salah satu hiu yang jarang ditemukan di tempat lain. Dan spot kedua adalah Channel spot, yang disebut-sebut sebagai dive site terbaik di kepulauan Derawan. Di site ini Anda akan menemukan schooling barracuda dengan jumlah yang sangat banyak, tetapi untuk menyelam di tempat ini Anda harus berhati-hati karena arusnya sangat deras.

Credit: pesona.travel.com

Pulau Menjangan Kecil, Karimunjawa - Jawa Tengah

Pulau Menjangan Kecil di Karimunjawa ini menyimpan keindahan bawah laut seperti terumbu karang dan aneka biota laut yang diisi hampir sebanyak 400 spesies fauna laut dan 242 ekor jenis ikan hias yang begitu indah dan menarik perhatian. Spot diving kelas dunia ini selalu menjadi tujuan pecinta diving dan sudah dikenal di kalangan wistawan lokal maupun mancanegara. Tak heran bila saat musim liburan tiba lokasi ini selalu dipenuhi oleh para pengunjung.

Credit: panduanwisata.com

updated