5 Tempat Wisata Penang – Pesona Pearl of the Orient

Penang atau yang disebut juga dengan Pinang ini merupakan wilayah terkecil di Malaysia yang terletak di sebelah barat laut Semenanjung Malaysia. Keindahan pulau Penang ini sudah nampak terlihat ketika Anda mendaratkan kaki di Pulau yang berslogan Truly Asia. Pesonanya kian terpancar dari bangunan yang tertata rapih, bersih, hingga budaya yang dihadirkan pun terasa cukup kental. Tak heran, jika Penang menjadi salah satu pusat objek wisata yang harus Anda kunjungi selain Kuala Lumpur. Nah, berikut ini kami telah memilih beberapa tempat wisata Penang yang seharusnya ada di dalam daftar kunjungan Anda.

Tempat Wisata Penang

Inilah lima tempat wisata Penang yang wajib untuk Anda kunjungi saat berada di negeri Jiran Malaysia.

Penang Hill

Penang Hill atau Bukit Bendera ini merupakan lokasi terbaik untuk menikmati keindahan alam Penang yang begitu memesona. Terletak tak jauh dari ibu kota George Town, Penang Hill dapat dengan mudah Anda capai menggunakan bus Rapid Penang. Sementara itu, untuk sampai ke puncak tertinggi dari Penag Hill ini, Anda harus menaiki kereta api dengan medan yang cukup memacu adrenalin Anda dan tentunya ini menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan. Selain dapat puas menikmati pesona alam penang yang luar biasa, Anda juga bisa mengunjungi Owl Museum, Little Village, Earthquake & Typhoon, Love Lock, Henna & Spa, serta Dinasaur & Aviary Garden.

Credit: © KeongDaGreat/Shutterstock

Gurney Drive

Gurney Drive atau yang dalam bahasa melayu dikenal dengan Persiaran Gurney ini adalah kawasan pejalan kaki di tepi pantai di George Town, dan juga telah populer di seluruh Malaysia sebagai tempat untuk menikmati makanan terbaik Penang. Di sepanjang jalan yang ada di kawasan ini, Anda akan menemukan banyak sekali warung kaki lima yang menawarkan aneka kuliner lezat yang menggugah selera. Beraneka ragam masakan hadir di tepi pantai ini, mulai dari Penang Laksa, Bak Kuk Teh, Oh Chien (dadar oyster goreng), cumi bakar, serta nasi lemak yang siap mengisi perut Anda. Jika Anda merasa kurang nyaman dengan hidangan yang ada di warung kaki lima, di Gurney Drive juga terdapat beberapa Restoran yang bisa Anda kunjungi.

Credit: © Sorawit Pramokchutima/Shutterstock

Kek Lok Si

Berlokasi di daerah Air Hitam, Penang, Kek Lok Si atau Kuil Kebahagian Agung merupakan salah satu Kuil Buddha terbesar di Asia Tenggara. Di kuil ini, Anda akan melihat pagoda tujuh tingkat atau Pagoda Rama IV yang begitu mengesankan, yang di mana di dalamnya terdapat 10.000 patung Buddha pualam dan perunggu. Kuil yang selesai dibangun pada tahun 1930 ini, dimaksudkan untuk menandakan harmoni Buddha Mahayana dan Buddha Theravada. Untuk melihat lebih dekat bagaimana pagoda ini begitu luar biasa, Anda dapat mendaki ke puncak pagoda menggunakan tangga yang cukup curam. Sesampainya Anda di atas pucak, Anda akan melihat pemandangan Penang yang menakjubkan.

Credit: thrillophilia.com

Penang Botanic Gardens

Penang Botanic Gardens atau yang akrab dikenal sebagai Taman Air Terjun ini, menawarkan Anda sebuah taman hijau yang subur dengan berbagai kekayaan alam yang hadir di dalamnya. Anda akan menemukan sebuah pohon besar berusia 100 tahun, bukit berhutan, air terjun bertingkat, dan teratai Amazon raksaksa. Selain itu, taman ini juga telah menjadi pusat riset untuk mempelajari kelangsungan hidup komersial berbagai tanaman istimewa dari seluruh penjuru dunia. Ketenangan dan kenyamanan dapat Anda rasakan di Penang Botanic Gardens.

Credit: © Hafizzudin/Shutterstock

Penang State Museum and Art Gallery

Beralamat di Jalan Farquhar, Penang, Penang State Museum and Art Gallery merupakan salah satu museum negara yang terbaik di Malaysia. Di museum ini, Anda dapat mempelajari sejarah multietnis Penang, yang meliputi populasi Inggris, Melayu, Cina, dan India. Yang di mana Anda juga akan melihat koleksi artefak, seperti alat pertukangan kuno, kapal dan senjata. Setelah mempelajari sejarah Penang, masuklah ke galeri seni untuk pengalaman yang lebih modern, yakni seni modern dan kontemporer. Di satu bagian galeri ini, Anda akan menemukan karya-karya seniman lokal. Sementara dibagian lainnya, Anda akan menemukan koleksi permanen lukisan, cat air, patung, video, fotografi dan banyak lagi yang terbentang dari tahun 1965 hingga saat ini.

Credit: penang.ws

updated