Untuk Bumi yang Lebih Baik – Marriott International Akan Berhenti Menggunakan Botol Perlengkapan Mandi Plastik

Belum lama ini, Marriott International telah mengumumkan bahwa tidak akan menggunakan botol perlengkapan mandi plastik sekali pakai yang selalu Anda temukan ketika sedang menginap di hotel atau mungkin juga pernah Anda bawa pulang. Kebijakan tersebut dilakukan dengan alasan penghematan dan memperhatikan dampak lingkungan yang mulai menghawatirkan. Sebab, seperti yang telah kita ketahui, sampah plastik merupakan benda yang proses penguraiannya membutuhkan waktu lebih dari 400 tahun. Anda bisa bayangkan jika penggunaan botol plastik yang tidak ramah lingkungan ini terus dilakukan secara terus-menerus, bagaimana dampaknya untuk kehidupan yang akan datang, tentu akan lebih mengerikan.

Jaringan hotel terbesar di dunia itu juga mengatakan tidak akan beralih ke dispenser yang dapat diisi ulang dan dipasang di dinding, melainkan akan beralih ke botol pompa yang lebih besar yang berisi sekitar 10-12 kali jumlah sampo, kondisioner, atau gel mandi. Dikutip dari Tempo.co (30/08), Marriott International ingin mewujudkan keinginan dari para tamu yang menginginkan dunia yang lebih baik.

Credit: news.marriott.com

“Tamu-tamu kami meminta kami untuk membuat perubahan yang bisa membuat sebuah perubahan berarti bagi lingkungan tanpa mengorbankan kualitas layanan dan pengalaman para tamu hotel,” kata Arne Sorenson, Presiden dan CEO Marriott.

Hal ini tentu sangat baik untuk kelangsungan pelestarian lingkungan. Dari sisi hotel sendiri pun, akan jauh lebih ekonomis, karena pihak hotel mengeluarkan biaya lebih sedikit jika membeli perlengkapan mandi dalam jumlah besar (isi ulang). Setelah perubahan dilakukan, pihak Marriot memperkirakan setidaknya akan mengurangi pembuangan plastik hingga 30 persen, atau hampir 907 ton plastik ke tempat pembuangan sampah akhir di setiap tahunnya. Jelas, jika hal ini akan memberikan dampak yang besar demi terwujudnya lingkungan yang sehat di masa mendatang.

updated