5 Kuil Ternama yang Wajib Dikunjungi di Kyoto

Kyoto merupakan tempat wisata favorit yang memiliki banyak tempat bersejarah dan kuil-kuil yang berisi lebih dari 400 Kuil Shinto, jadi itu bisa menjadi tugas yang cukup memberatkan untuk memilih kuil terbaik mana yang harus dikunjungi di setiap perjalanannya. Dalam artikel ini, kami telah memilih daftar teratas Kuil di Kyoto yang bisa membantu Anda dengan sedikit lebih mudah.

Kuil Ternama di Kyoto

Berikut adalah lima Kuil terbaik yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke Kyoto, Jepang.

Kinkakuji

Dikelilingi danau yang cantik, Kuil Kinkajui atau Kuil Paviliun Emas ini merupakan Kuil Buddha Zen yang berarti ajaran agama berdasarkan Siddhartha Gautama, di mana salah satu ajarannya adalah dengan melakukan meditasi untuk membiarkan pikiran dan melepaskan hal-hal yang tidak baik. Kuil kenamaan di Kyoto ini tak hanya menawarkan arsitektur yang rupawan, tetapi juga kaya akan sejarah. Meski kini menjadi arsitektur simbolik dari Zen, namun dulunya tempat ini ialah sebuah tempat peristirahatan bangsawan Jepang. Terletak di sebelah utara Kyoto di kaki bukit Kinugasa, Kuil Kinkakuji juga memilki beberapa toko souvenir yang bisa Anda beli sebagai buah tangan.

Credit: thetruejapan.com

Fushimi Inari Taisha

Kuil Fushimi Inari Taisha menjadi salah satu tempat wisata di Kyoto yang cukup populer dikalangan para turis. Kuil yang terletak di selatan kota Kyoto ini didedikasikan untuk dewa padi dan sake di abad ke-8. Kuil yang didominasi dengan warna merah-oranye yang mencolok, memiliki arti layaknya kuil-kuil Shinto pada umumnya. Menawarkan pemandangan yang fotogenik, ditambah juga dengan jalur hiking yang indah, tak heran kalau Kuil Fushimi Inari adalah tempat yang harus dikunjungi di Kyoto.

Credit: jw-webmagazine.com

Kiyomizu Temple

Kiyomizu Temple atau Kiyomizu-dera ini memiliki arti sebuah mata air ajaib yang memancar keluar dari gunung Otowa dan mengalir kebawah air terjun Otowa. Setiap aliran air ini dikatakan memiliki manfaat yang berbeda seperti "panjang umur", "kepuasan dalam cinta", dan "kemajuan akademis". Di Kuil ini Anda disarankan untuk menyesap salah satu dari tiga air pada satu waktu, yang konon katanya akan mendapatkan manfaat dari salah satunya. Selain itu, Anda juga akan melihat Panggung Kiyomizu-dera yang bisa dibilang merupakan simbol dari Kuil ini. Panggung ini adalah panggung bersejarah yang menjadi tempat diselenggarakannya pertunjukan kesenian seperti Kabuki, Noh, dan lainnya.

Credit: japan-guide.com

Sanjusangendo Temple

Kuil Sanjusangendo yang ditunjuk sebagai Harta Nasional ini, terletak di daerah Higashiyama, Kyoto. Kuil Sanjusangendo awalnya dibangun oleh Taira no Kiyamori untuk pensiunan kaisar Go-Shirakawa pada tahun 1164 dan didedikasikan untuk Bodhisattva Kannon. Di kuil ini, Anda bisa melihat 1000 patung Kannon yang berjejer rapih, yang dipadu dengan keindahan warna-warni alam dari pohon bunga Sakura.

Credit: jw-webmagazine.com

Kyoo Gokokuji

Kuil Kyoo Gokokuji atau Kuil Toji ini merupakan wihara Buddha dari sekte Shingon yang bernama Shingon Mikkyo. Memiliki arsitektur khas Jepang tempo dulu, Kuil Toji ini didirikan oleh Biksu Kobo-Daishi Kukai pada masa kepemimpinan Kaisar Saga di tahun 796. Menawarkan berbagai macam keindahan, namun yang menjadi daya tarik utama para wisatawan adalah keberadaan patung Buddha Dainichi Nyorai dan mandala yang berbentuk 3 dimensi.

Credit: kosongan.id

updated