5 Atraksi Wisata Menarik di Dekat Calon Ibu Kota Indonesia yang Baru

Provinsi Kalimantan Timur yang baru saja terpilih menjadi Ibu Kota Indonesia yang baru, banyak menyimpan destinasti wisata yang menarik dan spektakuler. Memiliki kekayaan alam yang memesona ditambah dengan flora dan faunanya, budaya yang kental, hingga museum yang akan menambah wawasan Anda. Semua unsur keajaiban itu dapat Anda temukan di salah satu kota terkenal Tenggarong, Kalimantan Timur yang sangat beragam. Nah, berikut ini kami memberikan beberapa rekomendasi atraksi wisata menarik yang dapat Anda pilih untuk tujuan liburan selanjutnya.

Atraksi Wisata Menarik di Tenggarong, Kalimantan Timur

Inilah lima atraksi wisata menarik di Tenggarong, yang bisa Anda kunjungi saat berlibur di Kalimantan Timur.

Ladang Budaya

Ladang Budaya atau Ladaya merupakan salah satu tujuan favorit para wisatawan yang terletak di Tenggarong Kabupaten Kutai Kertanegara. Objek wisata ini dilengkapi dengan berbagai wahana menarik, seperti mini zoo, outbond, paint ball, hingga rumah Odah Rehat. Odah Rehat ini merupakan rumah kayu yang berbentuk unik menyerupai rumah tradisional Kutai dan bisa Anda sewa berdasarkan hitungan jam. Selain itu, pemandangan alam yang ditawarkan di Ladaya ini cukup mempesona dan memberikan suasana menyegarkan, pas buat Anda yang ingin bersantai sambil menikmati atraksi yang terdapat di tempat ini.

Credit: tripadvisor.com

Mulawarman Museum

Dibangun pada tahun 1963, Museum Mulawarman ini merupakan salah satu museum tertua yang ada di Kalimantan Timur. Selain menjadi tempat wisata, museum ini banyak menyimpan sejarah khususnya tentang kerajaan Kutai, serta adat istiadat masyarakat Tenggarong. Anda akan menemukan berbagai macam barang peninggalan Kesultanan Kutai Kartanegara, seperti Singgasana, Tempat Peraduan, Pakaian Kebesaran, Tombak, Keris, Meriam, Kalung, Prasasti Yupa serta Koleksi Keramik Cina. Terletak di Jalan Tepian Pandan, Tenggarong, dahulunya museum ini adalah bekas dari kesultanan Tenggarong yang merupakan kerajaan Kutai Kartanegara.

Credit: kaltimprov.go.id

Kota Raja Tenggarong Park

Beralamat di Jalan Wolter Monginsidi, Tenggarong, Taman Kota Raja ini berada tepat di samping jembatan Tenggarong yang memiliki kemiripan dengan jembatan ikonik di Sydney. Di taman kota ini Anda akan menemukan beberapa bangunan yang didesain seperti Gardens by The Bay yang ada di Singapura. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Taman Kota Raja ini, yaitu pada saat malam hari, karena di waktu tersebut Anda akan di manjakan dengan cahaya warna-warni yang begitu indah dan cantik.

Credit: wisatasia.com

Kumala Island

Terletak di tengah-tengah Sungai Mahakam, Kumala Island merupakan objek wisata yang menampilkan keindahan alam yang begitu memukau. Menawarkan berbagai macam atraksi wahana yang menarik, Kumala Island sering disebut sebagai Ancolnya Tenggarong. Pulau seluas 81 Hektar ini, menawarkan berbagai macam wahana permainan seperti Jet Coaster, Bombom Car, Gokart, Komedi Putar, Kereta Gantung, dan Kereta Api mini untuk menglilingi kawasan ini. Selain itu, di tempat ini juga Anda dapat menikmati Kota Tenggarong dari ketinggian 75 meter dengan menaiki Planetarium (Sky Tower). Tak sampai disitu, Pulau Kumala juga memiliki sebuah akuarium raksasa yang dipergunakan khusus untuk menampung ikan pesut (orcaella brevirostris).

Credit: thejakartapost.com

Bukit Biru

Bukit Biru yang terletak di Kelurahan Bukit Biru, Kecamatan Tenggarong ini menawarkan landscape alam yang begitu memanjakan mata. Atraksi wisata yang satu ini cukup populer dikalangan muda-mudi Kalimantan Timur, karena medannya yang mudah untuk dijangkau. Untuk sampai ke puncak Bukit Biru setidaknya memerlukan waktu sekitar 1 jam dengan jalur yang relatif lebih sederhana ketimbang gunung-gunung lainnya. Ketika Anda sudah sampai di puncaknya, Anda akan mendapati panorama alam yang cantik dengan hamparan sawah, serta hijaunya pepohonan yang terpancar dari hutan yang ada di sekitar Bukit Biru.

Credit: travel.kompas.com

updated