4 Alasan Mengapa Anda Harus Mencoba Solo Traveling

Traveling bersama teman atau keluarga tentu sangat menyenangkan, terlebih jika Anda tipe orang yang kurang merasa percaya diri jika jalan-jalan sendirian, atau bahkan Anda malas direpotkan dengan masalah mengurus tiket pesawat, penginapan, destinasti wisata dan lainnya. Tetapi, pernahkah Anda berpikir atau terlintas dalam benak Anda tentang melakukan perjalanan seorang diri? Jika iyaa, mungkin kini saatnya untuk Anda melakukan itu, karena tak ada salahnya untuk dicoba dan malah memberikan manfaat serta ada nilai-nilai positif yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan solo traveling. Nah, berikut ini ada beberapa alasan penting yang harus Anda ketahui mengapa Anda harus mencoba Solo Traveling.

Alasan Mengapa Anda Harus Mencoba Solo Traveling

Hempaskan rasa khawatir Anda dengan empat tips solo traveling yang telah kami susun di bawah ini.

Pengembangan Diri di Luar Zona Nyaman

Disadari atau tidak, solo traveling ini akan membantu Anda mengembangkan diri Anda lebih jauh dari zona nyaman yang biasanya selalu melekat dalam diri Anda. Dengan tanpa hadirnya seorang teman atau keluarga, Anda akan jauh lebih mandiri serta percaya diri saat melakukan perjalanan, terlebih ke tempat yang baru Anda kunjungi. Dari perjalanan itu, Anda bisa mengeksplore diri Anda untuk melakukan hal-hal yang mungkin belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Tentu ini, akan menjadi sebuah tantangan yang sangat seru dan menyenangkan. Anda bisa banyak belajar bagaimana menghargai diri sendiri, orang lain, serta harus bertanggung jawab atas apa yang Anda pilih.

Credit: Photo by Ibrahim Rifath on Unsplash

Mengenal Diri Sendiri Lebih Dalam

Dengan melakukan solo traveling, Anda akan banyak waktu serta ruang untuk mengenal diri sendiri lebih dalam. Dari situ Anda bisa memahami bagaimana diri Anda sebenarnya, misalnya saja tentang apakah Anda lebih suka city tour atau wisata alam. Serta, Anda juga dapat membaca karakter pribadi Anda, apakah Anda ternyata seorang yang pemberani, suka dengan tantangan hingga menentukan sifat-sifat lain yang sulit dilihat dalam keseharian.

Mengasah Kemampuan Interpersonal

Saat melakukan solo traveling kita akan dituntut untuk bisa melakukan apapun seorang diri, misalnya saja saat Anda berinteraksi dengan orang yang baru Anda kenal, disitulah Anda akan mengasah kemampuan dalam berbahasa yang baik. Kemudian, saat bernegosiasi tentang harga barang ataupun menawar harga transportasi untuk menuju ke objek wisata. Dan, disinilah kemampuan Anda akan terlihat, serta Anda bisa mengambil pelajaran dari itu semua, agar kedepannya menjadi lebih baik lagi.

Kebebasan untuk Membuat Keputusan

Tanpa adanya teman ataupun keluarga saat traveling, itu berarti Anda akan bebas untuk menentukan pilihan Anda. Kalau biasanya Anda harus berdiskusi dahulu sebelum melakukan perjalanan, tetapi dengan solo traveling ini, Anda akan sangat bebas dan nyaman memilih destinasi wisata apa saja yang ingin Anda kunjungi. Serta tidak akan banyak waktu yang terbuang sia-sia saat solo traveling, karena semua keputusan ada ditangan Anda.

updated